Nasi Ayam Mak Pini, Masakan 2 Generasi



SAAT blusukan ke daerah Pecinan, pastikan anda mampir di tempat yang satu ini. Tentu saja untuk menikmati citarasa masakan yang disajikan oleh pengelola warung makan yang sangat sederhana ini.
Meski hanya tertutup layar hijau bertulis Nasi Ayam Mak Pini, namun jangan ragukan soal kualitas rasanya. Ratusan porsi nasi sedikit gurih dengan campuran sayur dan daging ayam, habis disantap pelanggan setiap hari.
Berada di Jalan Gang Pinggir atau samping Pos Polisi Sebandaran, dengan mudah warung ini dapat dijumpai setiap orang. Buka mulai pukul 06.00 hingga sekira pukul 10.00 atau hingga habis, Mak Pini dengan setia melayani pelanggannya.
Paduan nasi ayam dengan sayur jipan, potongan krecek atau rambak, tahu bacem, telor ayam rebus dan suwiran daging ayam, terasa pas di lidah. Rasa gurih dan asin, menyatu dan lumer di mulut.
Terlebih kontur nasi yang ditim sehingga lebih empuk dan memunculkan aroma harum, semakin menggugah selera makan. Bumbu yang terasa meresap sesap hingga ke seluruh sayuran yang dihidangkan, akan membuat anda meminta tambah porsi kedua.
“Sudah sejak tahun 1980-an saya jualan di sini dan alhamdulilah sudah banyak pelanggannya,” tutur Mak Pini (58), mengungkap perjalanan kisahnya.
Bahkan seiring dengan semakin banyaknya tuntutan pelanggan untuk terus buka hingga malam hari, iapun kini membuka cabang. Berada di seberang Paragon mall, juga di emperan toko, Nasi Ayam Mak Pini dikelola oleh anaknya.
Tidak berbeda tentu saja, bahkan serupa karena proses masak dilakukan sendiri oleh Mak Pini.  Begitupun dengan harga per porsi yang juga tidak berbeda.
“Cukup Rp5 ribu per porsi dan untuk berbagai macam sate seperti sate usus, sate empela dan jantung cuma Rp1500 per tusuk,” imbuhnya.
Tak percaya dan ingin mencoba? Cobalah kunjungi warung sederhana Mak Pini di kawasan Pecinan setiap pagi atau di seberang Paragon Mall di Jalan Pemuda pada malam hari dan temukan citarasa kuliner yang makjleb di lidah.
Share:

26 komentar:

  1. Duuh, minggu kemarin sop buntut, sekarang nasi ayam. Kira-kira besok apalagi yaa...hahahaha

    Aku belum pernah coba mas. Apalagi rute tiap pagi ga sampai pecinan. Makasih untuk infonya. Semoga bisa coba nasi ayam mak pini dan tahu bacemnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besok...ehm apa ya? Tak ngarang sek ya haha

      Hapus
  2. Sego ayam/liwet andalan saya di depan Matahari Simpang Lima atau di jalan Mataram kalau malam. Ini nasi memang lejen ya, wasyeem bikin saya ngiler pengin makan sego liwet :D


    Salam,
    https://jelajahlangkah.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sego liwet dan nasi ayam beda om, tp hampir mirip.
      SL dari Solo.

      Hapus
  3. Oke fix, nodong pas ke Semarang. Hahaha...
    itu sayurnya ada yang gak bersantan kan?? alergi soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entengggg...
      Ada santan, tp bs rikues g dikasih kok.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Tempatnya kecil ya tapi bisa bertahan sampai 2 generasi. Dagangnya cuma 4 jam an, laris banget. Pengen coba. Hihi

    Satenya, selain jeroan ada ga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Smg, tpt makan lejen rerata tptnya krg memadai, klo g doyan kuliner jalanan y bkl krg suka.

      Ada kok slain sate jeroan

      Hapus
  6. keknya enak pengen coba deh...

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Weeew... sudah ada sejak tahun 1980.. ada bedanya g si sama nasi ayam yg terkenal di gajahmada itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mnrtku, klo di sini buka pagi yg bu Wido gajah mada buka malem

      Hapus
  9. haduh penasaran aku Mas. Tak mampir ah, kalau pas kebetulan lewat atau ada acara ngelageke jajal :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp hrs pagi ya...klo yg malem, anaknya buka di sebrang Paragon

      Hapus
  10. Eh, bu Pini yang di Pecinan dan depan Paragon tu sama ya? Baru tau aku... baiklah, mayan ada alternatif tempat makan.

    BalasHapus
  11. Baru tau ada yang jualan nasi ayam di depan Mall Paragon :D
    Nggak pernah merhatiin. Wajib mampir nih kalau lagi cari makan di seputaran Pemuda.

    BalasHapus
  12. wah rekomended banget nih.... besok bisa di coba..

    BalasHapus
  13. Aku rak dijak, ik. Aku pernah makan nasi ayam di depan Lotte Mart, enak juga. Sayangnya ngantri banyaaak

    BalasHapus
  14. Wahh jadi lapar baca nya. Hahahah. Pengen dolan semarang dehh.

    BalasHapus