, , , ,

Bakso President Yang Tak Segemerlap Nama Besarnya


Para pelintas rel dan eks bioskop President 
PERTAMA kali mendengar nama Bakso President, hasrat langsung tergugah karena sepertinya tak lengkap jika mengunjungi Malang namun tak mampir berburu kuliner di sini. Pokoknya yang sebutannya bakso atau mie ayam, selalu dapat membangkitkan selera makan saya, sehabis makan apapun itu.
Apalagi jika menu kuliner itu, khas di suatu daerah tujuan. Pastilah dengan semangat membara, sesulit bagaimanapun, harus didapatkan dan dicoba. Sukur-sukur cocok dan balik lagi.
Tapi eh tapi...demi melihat background saya sebagai penyuka bakso, sebenarnya saya cukup kecewa dengan Bakso President ini. Rasa dan taste-nya sama sekali tidak setenar namanya. Eh tapi ini pribadi lo ya, karena pendapat tentang citarasa kuliner itu sangat subyektif, beda lidah beda pendapat.
Eh tapi juga, bukan ini yang hendak saya sampaikan dengan membahasnya lebih dalam. Namun bagaimana kekuatan sosial media dewasa ini telah mampu menjungkirbalikkan kondisi dari sebelumnya. Agak berat memang bahasa saya, maklum seminggu ini saya belum ketemu mie ayam hahaha.


Jadi begini, sepulang dari makan Bakso President, saya ketemu dengan driver ojol yang ternyata selera lidahnya sama. Ia bahkan merekomendasikan tempat lain yang katanya jauh lebih enak. Ya bukan terus saya buru kesana, tapi cukup menangkap apa yang ingin disampaikannya.
Bahwa dalam telaah awamnya, nama Bakso President bisa setenar ini karena imbas dari media sosial. Promo yang berlebih, campaign PR dari pihak ketiga yakni para tamu dari luar kota ini, mau tidak mau telah melambungkan nama bakso yang telah ada sejak tahun 1977 ini.
Memulai 'karier' sebagai tukang bakso kelilingan, Abah Sugito baru membuka warung sederhana lima tahun kemudian. Berada di belakang Bioskop President Malang, diambilah nama Bakso President yang terus melegenda hingga kini. Dan bahkan meski bioskopnya sudah berubah bentuk menjadi pusat perbelanjaan, nama Bakso President tetap melekat dan jadi buruan para wisatawan yang datang ke Malang.




Tapi ya itu, sekedar menjawab rasa penasaran. Begitu sudah mencoba, berfoto dengan latar belakang tulisan gede di atap warung serta berlatar depan rel kereta api, ya sudah...saya sendiri tak punya keinginan kembali ke sana. Setidaknya saya pernah makan, duduk, memotret dan mencicipi menunya yang sepertinya semakin kaya dengan ragam pilihan.
Tidak...tidak. Saya tidak sama sekali tidak ingin anda pergi ke Malang lalu urung mencicipi bakso ini. Saya juga tidak akan memberi rating rendah pada citarasanya. Cobalah dulu, rasakan sensasi kuliner legenda ini.
Saya sekali lagi hanya ingin mengungkapkan tentang bagaimana kekuatan media telah mengangkat suatu hal yang biasa-biasa saja menjadi extra ordinary dan menjadi buruan para wisatawan.
Langkah ini tentunya bisa ditiru oleh banyak penyedia jasa kuliner lainnya. Pemula maupun yang sudah mapan. Jadi memang harus disadari, betapa besar kekuatan medsos di era sekarang ini selain tentu saja promosi dari mulut ke mulut. Bagaimana google telah merubah tatanan wajah dunia menjadi hanya dalam genggaman tangan dan pencetan jempol.
Cuma ya jangan lupakan perjuangan berat Abah Sugito bisa bertahan 40 tahun terakhir, tentu juga hasil doa dan upaya keras. Apa yang terlihat saat ini, mungkin juga berkat tirakat kuat, keringat serta darah yang berdarah-darah (gimana sih kalimat ini).
Yang pasti, jika punya keinginan dan mimpi-mimpi, kita pantas memperjuangkannya, sekuat tenaga dan doa yang bisa kita puja untuk-Nya. Tulisan inipun ditujukan untuk dinikmati, tanpa men-judge apapun karena toh faktanya saya juga mempromosikan Bakso President di blog saya sebagai bagian dari trip ke Malang Juli 2018 lalu :D.
Ah jadi laper lagi...bakso apa mie ayam nih enaknya gaes??

Slow speednya kurang joss nih karena terburu-buru

Share:

4 komentar:

  1. Rasanya ternyata .Memang kekuatan medsos sungguh luar biasa, yg penting booming dulu šŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap begitulah...sosmed punya kekuatan buesarr untuk merubah dunia.

      Hapus
  2. Usually, I've never commented on blogs but your article is so convincing that I've never stopped myself to say something about it. You're doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up! from http://halloweendayusa2018.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you so much...I'm on my way to you http://halloweendayusa2018.com/

      Hapus