, , , ,

Ronde Jago, Kuliner 3 Generasi Yang Wajib Kamu Kunjungi Jika ke Salatiga

Ronde Jago gusHid
Ronde Jago dengan logo Ayam Jago yang fenomenal

PERNAH makan wedang ronde kan? Pastilah. Nah klo ronde yang satu ini sangat beda, tidak saja dibuat dari sembilan ramuan berbeda, namun juga sudah bertahan sampai tiga generasi.
Dapat ditemui di Jalan Jend Sudirman 9 Salatiga, kamu bisa mendapatkannya dengan ancer-ancer ruko dekat Pos Polisi. Jika memang harus mengantri, bersabarlah. Hanya orang sabar yang aku sayang hehe.
Memang klo lewat di jalan utama di Kota Salatiga ini, akan banyak dijumpai pedagang ronde yang menjajakan minuman hangat ini dengan angkringan. Namun demi Ronde Jago, pastikan semua angkringan ronde yang pernah kamu coba, tidak akan ada apa-apanya.
Jika ronde biasa hanya terdiri isi kuah jahe panas, bola-bola ronde berisi gula kacang, agar-agar, kolang-kaling dan kacang yang digoreng, penyajian Ronde Jago sangat berbeda. Di sini memang masih pakai kacang namun bukan digoreng namun direbus.
Ronde Jago gusHid
Meracik 9 ramuan

Selain itu, sembilan ramuan pelengkap lainnya akan semakin membuat suasana minum kita semakin hot. Bahan lain yang ada di mangkok ronde sekoteng adalah manisan kulit jeruk, sagu delima, manisan tangkweh serta rumput laut yang khusus didatangkan dari Surabaya.
Dan memang karena Salatiga kotanya sejuk cenderung dingin, sangat pas jika menyantap Ronde Jago dalam kondisi panas. Namun jika menghendaki ditambah es, boleh kok, gak dilarang apalagi dituntut pidana hehe
Ronde Jago gusHid
Ronde panas lebih nikmat, yang es juga seger 

Kabarnya, warung di belakang ruko-ruko yang dibangun baru ini, sudah buka sejak 1964. Bahkan jauh sebelum saya lahir lo wewkekwek.
Jadi mungkin demi mempertahankan ke-otentikan-nya, pemilik sengaja tidak memindahkan kedainya meski tertutup ruko-ruko lain di depannya. Meski demikian, jangan ditanya jumlah antriannya.
Pernah saat musim Lebaran, saya harus mengantri sampai kurang lebih 45 menit. Tapi itu sangat worth it dengan semua sajian, kehangatan, original dan keotentikan Ronde Jago yang tidak dapat ditemui di tempat lain.
Jika hari biasa, warungnya buka dari jam 14.00 dan tutup jam 21.00 namun khusus di akhir pekan buka sampai 21.30. Jadi masih bisa sedikit berlama-lama atau setidaknya tidak takut kehabisan stock gaes.
Oh ya, di sini juga ada menu wedang kacang tanah yang juga tidak kalah nikmat. Tapi klo aku sih lebih suka dan selalu milih wedang ronde sekoteng, entah mengapa...mungkin karena susah ke lain hati kali ya.


Sembari menyruput wedang, nikmati pula jajanan pendamping. Tahu bacem, tape ketan, lumpia dan sosis pisang yang biasa aku menyebutnya dengan gethuk pisang. Sayang dikunjungan akhir pekan lalu sebelum menulis ini, tidak bisa kutemui si belahan hati gethuk pisang itu huhu...mungkin ia sudah dipinang lelaki lain :(
Sementara klo laper, ada juga menu tambahan seperti mie kopyok dan batagor. Dan sembari menunggu pesanan datang, menjelajahlah tembok di sekeliling warung yang penuh dengan ucapan sukses dan bukti kehadiran para pesohor negeri ini.
Absensi para pesohor negeri :D
Seiring dengan semakin banyaknya pengunjung, pemilik membuka pula kios di sebelah warung lama agar pengunjung tidak menumpuk menunggu di satu tempat. Selain itu, ada juga di Transmart Telogorejo di Jalan Ahmad Dahlan, jadi warga Semarang tidak perlu jauh-jauh ke Salatiga untuk memburu si Ronde Jago.
OK gaes...silakan berburu Ronde Jago, mau yang di Tlogorejo atau yang asli di Salatiga. Jangan lupa ajak-ajak aku ya klo kesana...bayari san lo ya hehehe cuma Rp12 ribu kok per porsi



Mbak-mbaknya siap membantu semua pesenan gaes

Gelas gelas dari bahan seng yang unik, bekas tempat meracik ramuan wedang rondenya

Share:

6 komentar:

  1. Wenak iki adem adem ngombe ronde. Btw, ronde mlebune panganan opo ombenan ya mas? Wkwkwkw

    BalasHapus
  2. Mlebune mulut bro trus ke weteng wekkeke

    BalasHapus
  3. Ronde kene khi, asyiknya wek nyemil batagor'e mas, syahduu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh...aku tipikal yg konsen dgn kenikmatan rondene, gak mau diganggu sama yg lain apalagi kamu wewkekwek

      Hapus
  4. Ya allah asli pengen ngicip..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangkat...hidup jgn hanya dibatasi dengan ingin dan ingin tanpa realisasi hihi

      Hapus